Tuesday, May 26, 2015

'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal?

'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal? - Hallo sahabat Movie Film | Nonton Film | Download, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, Artikel Featured, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal?
link : 'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal?

Baca juga


'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal?

Artikel dari Variety menyebutkan bahwa kegagalan 'Tomorrowland' di Box Office, sedikit banyak karena penonton tak lagi peduli dengan film orisinal dan lebih memilih film adaptasi. Berikut opini saya tentang hal tersebut.
Membaca sebuah artikel di Variety yang mengangkat tentang permasalahan orisinalitas tema yang mengakibatkan film Tomorrowland hanya meraih laba seadanya pada minggu debutnya — yang hanya sedikit lebih bai dari film Disney John Carter dan Lone Ranger — membuat saya tergelitik untuk membahas sedikit tentang hal tersebut. Artikel aslinya dari Variety itu berjudul 'Tomorrowland' Exposes Hollywood's Originality Problem.

Sebagai informasi, selama 4 hari penayangannya Tomorrowland hanya mengumpulkan $41,7 juta dari bujetnya yang masif $180 juta, tak sesuai dengan ekpektasi tinggi dari Disney. Padahal film ini digawangi oleh nama sutradara kelas atas Brad Bird (The Incredibles, Mission: Impossible - Ghost Protocol) ditambah dengan kekuatan bintang dari George Clooney.

TOMORROWLAND //highsnobiety

"Tomorrowland adalah film orisinal dan merupakan tantangan [baginya untuk bersaing] dalam pasar," ujar Kepala Distribusi Disney, Dave Holls. "Kami merasa sangat penting sebagai perusahaan dan insustri untuk tetap memberikan kisah yang orisinal."

Tomorrowland tak bisa dibilang orisinal sepenuhnya karena film ini diangkat dari wahana Disney, namun saya takkan memperdebatkan hal tersebut. Yang menjadi pertanyaan, benarkah penonton tak lagi tertarik dengan film orisinal dan lebih memilih film remake, reboot, sekuel atau adaptasi game, komik, novel, dll? Saya melihat ini dari perspektif saya sebagai penonton awam.

Sekarang memang ada kecenderungan bagi studio Hollywood untuk memprioritaskan film remake/reboot/sekuel/adaptasi untuk diproduksi dibandingkan dengan film orisinial. Bahkan ada beberapa pengamat film yang berkomentar bahwa film orisinal susah mendapat lampu hijau, karena prospeknya yang tak menjanjikan. Wajar sebenarnya, melihat perolehan box office tiga tahun terakhir yang menunjukkan bahwa hampir 90% posisi Top 10 Highest Grossing Film diisi oleh film-film macam itu (datanya bisa anda lihat disini dan disini).

Namun tak bisa dilupakan juga bahwa ada beberapa film orisinal yang berhasil masuk seperti Interstellar (menjadi film terlaris ke-10 tahun 2014) dan Gravity (menjadi film terlaris ke-8 tahun 2013). Walaupun memang agak sulit bersaing, Tomorrowland tentu punya kans yang sama bukan? Apalagi Tomorrowland punya kelebihan karena mereknya yang lekat dengan Disney — kurang lebih mirip dengan The Lego Movie yang lekat dengan merek LEGO. Bedanya, The Lego Movie sukses, sementara Tomorrowland sedikit tersendat ;)

Nah menurut kacamata saya, yang menjadi permasalahan bukanlah orisinalitas. Jadi apa pasal? Kalau boleh sedikit sotoy, kesuksesan box office film orisinal tergantung dari kualitas film dan promosi dari studio, salah satu atau keduanya sekaligus.

Hal ini bisa dilihat dari Gravity. Dengan promosi yang menurut saya biasa saja, tapi mendapat review dahsyat dari kritikus dan word-of-mouth yang bagus dari penonton, menjadikan film ini sukses secara finansial dengan raihan $716.392.705. Contoh paling dekat adalah Mad Max: Fury Road. Fury Road mungkin memang bukan film orisinal, namun dengan film terakhirnya yang dirilis 30 tahun lalu, praktis tak banyak penonton yang aware dengan film tersebut (selain penonton berumur). Promosi gencar yang dilakukan Warner Bros serta komentar bagus dari penonton, membuat raihan Fury Road telah melewati bujet yang juga masif, $150 juta.

GRAVITY //hypable

Untuk kasus Tomorrowland, jujur saja saya tak bisa berkomentar banyak tentang materi promosinya. Memang bijak untuk menjaga kerahasiaan materi film sebelum dirilis, namun ini bisa jadi pedang bermata dua. Dari materi promosi Tomorrowland yang saya lihat, tak banyak sebenarnya yang diberikan Warner Bros. Trailer hanya berfokus pada karakter Clooney dan kemisteriusan Tomorrowland. Padahal dengan sedikit mengekspos karakter Britt Robertson, mungkin bisa menarik demografi anak muda.

Nah poin di atas, tak masalah sebenarnya jika film tersebut mendapatkan review bagus. Sayangnya Tomorrowland hanya mendapat skor 50% dari RottenTomatoes, 60 dari MetaCritic, dan nilai "B" dari CinemaScore. Di jaman teknologi informasi seperti sekarang, review dari mulut-ke-mulut lebih diperhatikan penonton.

Penonton tak bisa disalahkan sepenuhnya dengan kegagalan film orisinal di box office. Penonton yang cerdas tentu tahu mana film yang berkualitas, terlepas dari apakah film tersebut film orisinal atau bukan. Meski saya adalah maniak nonton, untuk mendapatkan pengalaman layar lebar, saya juga cukup pilih-pilih.

"[Keberhasilan] itu selalu bergantung pada sutradara yang berbakat, kekuatan bintang dari aktor, dan konten [film] yang dibuat," ujar Phil Contrino, Wakil Presiden dan Kepala Analis BoxOffice.com. Yap, saya sangat sangat setuju.

[Anda bisa membaca review saya mengenai film Tomorrowland disini] ©UP


Demikianlah Artikel 'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal?

Sekianlah artikel 'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 'Tomorrowland' Mengecewakan: Benarkah Penonton Tak Peduli Lagi dengan Film Orisinal? dengan alamat link https://moviefilm99.blogspot.com/2015/05/mengecewakan-benarkah-penonton-tak.html

No comments:

Post a Comment