Friday, September 8, 2017

Review Film: 'Cage Dive' (2017)

Review Film: 'Cage Dive' (2017) - Hallo sahabat Movie Film | Nonton Film | Download, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Review Film: 'Cage Dive' (2017), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Drama, Artikel Review, Artikel Thriller, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Review Film: 'Cage Dive' (2017)
link : Review Film: 'Cage Dive' (2017)

Baca juga


Review Film: 'Cage Dive' (2017)

Tiga sekawan tokoh utama kita memang lebih baik terombang-ambing di laut lepas.

“First you find the shark, then they find you.”
Rating UP:
Saya bisa membayangkan banyak penonton yang akan kecewa saat selesai menonton film ini. Posternya memperlihatkan hiu raksasa. Di Indonesia dan beberapa negara, judul filmnya adalah Cage Dive, namun ia diberi judul yang lebih pas untuk pasar Amerika, yaitu Open Water 3: Cage Dive. Ini bukan film tentang “cage dive” —kita sudah mendapatkannya lewat 47 Meters Down. Tak banyak hiu yang akan tampil, apalagi bagi yang ingin melihat mereka mencabik-cabik daging. Alih-alih, filmnya adalah film “open water”, mengenai orang-orang yang terombang-ambing di laut lepas dengan hanya sedikit peluang untuk selamat. Yang pernah menonton dua film Open Water pasti sudah tahu.


Yang mungkin juga akan menyurutkan minat sebagian calon penonton adalah bahwa film ini bergaya found-footage. Jadi di sebagian besar durasi kita akan menyaksikan gambar yang shaky dan tak fokus, karena kameranya langsung dipegang tangan. Video ini ditemukan secara kebetulan terselip di sebuah terumbu karang di Samudera Pasifik, saya jadi penasaran seberapa besar kans menemukan barang yang jatuh di samudera yang luasnya 165 juta kilometer persegi. Tak penting. Untuk memperjelas konteks, mungkin khawatir kalau-kalau kita tak mengerti, pembuat filmnya menambahkan potongan video dokumenter dari keluarga korban pasca tragedi tersebut terjadi.

Apa tadi saya bilang korban? Yap, dari awal film, semenjak kita melihat footage-nya ditemukan, kita langsung tahu bahwa para karakter kita akan bernasib naas. Tak ada lagi yang mengejutkan. Jadi, hanya ada 2 cara agar filmnya seru: (a) menjadikan karakternya sedemikian menarik hingga kita peduli dengan nasib mereka, atau (b) membuat sekuens naasnya seintens mungkin hingga kita bersorak-sorai. Tak ada satupun dari 2 poin ini yang disuguhkan oleh Cage Dive.

Tak perlu menonton film Open Water sebelumnya sebab film ini tak punya koneksi langsung dengan keduanya. Yang sama hanya konsepnya. Karakter kita adalah 3 sekawan dari California: Jeff (Joel Hogan), Josh (Josh Potthoff), dan Megan (Megan Pelta Hill). Jeff dan Megan berpacaran, dan ini penting karena nanti subplot tentang perselingkuhan akan memegang peranan penting. Bahkan saat nyawa sedang di ujung tanduk, orang-orang butuh drama, kan?

Mereka sedang liburan di Australia sekalian berencana untuk ikut reality show ekstrim. Ditemani oleh sepupu Josh, Greg (Pete Valley), mereka mencoba atraksi menyelam bersama hiu, tentu saja lewat cara yang aman dengan berlindung di balik kerangkeng. Tak ada yang menduga ombak besar akan membalikkan kapal sehingga membuat semua orang terombang-ambing di lautan dengan hiu yang mengintai dari bawah. Untungnya, karakter kita tak terjebak dalam kerangkeng. Tunggu. Atau malah sial?

Semua orang terpisah dan berjuang untuk selamat sembari menunggu bantuan. Ini akan menjadi hari yang menyenangkan bagi hiu-hiu, tapi mereka tampaknya tak begitu tertarik memangsa manusia. Namun film ini punya alasan ngeles. Sebelumnya dijelaskan bahwa hiu jarang menyerang di siang hari (beritahu ini pada hiu dari The Shallows) dan hanya akan menyerang individu (beritahu ini pada hiu dari Jaws).

Durasi film ini hanya 80 menit. Singkat, tapi sebagian besar dihabiskan dengan melihat keseharian 3 sekawan. Format found-footage mengijinkan filmnya menampilkan beberapa momen filler tak penting, yang sebenarnya jika digunakan dengan efektif bisa membuat kita peduli dengan mereka. Namun, mereka begitu bodoh dan likeable sama sekali, saya tak menikmati melihat mereka bergaul.

Saat terombang-ambing pun, kita terjebak untuk menghabiskan waktu bersama tiga orang yang selalu membuat keputusan bodoh dari waktu ke waktu. Yang paling histeris adalah Megan. Di satu titik nanti, mereka menemukan perahu penyelamat, yang mungkin saja membuat mereka bisa bertahan hidup lebih lama. Apa anda bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya? Tentu saja anda bisa. Kebodohan mereka begitu spektakuler, sampai kita merasa lebih baik penulis naskah meninggalkan poin plot tentang perahu penyelamat, agar kita bisa sedikit lebih bersimpati dengan mereka. Saya tak tahu harus bilang apa lagi pada Megan. Namun saya salut pada keteguhan hati Josh yang tetap memegang kamera hingga akhir, bahkan saat nyawa temannya hampir melayang. Bagus Josh.

Film ini nihil sekuens pemancing suspens apalagi yang intens. Serangan hiu yang pertama (dan yang akan anda rindukan selama film berlangsung) tak begitu menyeramkan. Menurut saya, tak ada kesan bahwa mereka benar-benar dalam bahaya akan diserang hiu. Namun ini kan film Open Water ya; tentang terjebak tanpa harapan di lautan lepas. Apa yang lebih mengerikan daripada berada sendirian di tempat yang perlahan-lahan akan mencabut nyawa anda? Saya berani bilang ini karena mereka adalah karakter dalam film, bukan manusia sungguhan: tiga sekawan ini memang lebih baik berada disana. ■UP

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

Cage Dive

80 menit
Dewasa
Gerald Rascionato
Gerald Rascionato
Rana Joy Glickman, Charles M. Barsamian, Jacob H. Gray, Antoine Mouawad, Gerald Rascionato


Demikianlah Artikel Review Film: 'Cage Dive' (2017)

Sekianlah artikel Review Film: 'Cage Dive' (2017) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Review Film: 'Cage Dive' (2017) dengan alamat link https://moviefilm99.blogspot.com/2017/09/review-film-dive-2017.html

No comments:

Post a Comment